PEMANFAATAN CD BEKAS
( Dimanfaatkan untuk menempelkan materi pelajaran)
Oleh : Tosim Awaludin, S.Pd.,MM
A.
Pendahuluan
Terkadang kita sulit untuk menyampaikan
beberapa materi yang bisa dipahami oleh siswa, apalagi karena keterbatasan
media pembelajaran, alat-alat peraga dan buku sumber baik untuk pegangan guru
maupun untuk siswa, hal senada yang dialami oleh penulis . Buku yang tersedia
diperpustakaan tidak bisa mencukupi jumlah siswa yang ada, selain bukunya
kurang, buku yang ada juga sudah pada rusak dan using
. Tetapi kita sebagai guru justru dengan keterbatasan disekolah menjadi sebuah
motivasi kepada kita untuk menciptakan
inovasi-inovasi sehingga mampu
mengantisifasi keterbatasan itu. Kita
yakin kalau punya kenginan yang kuat, pasti kita mampu.
Inovasi-inovasi yang terbaru dan bisa bermanfaat bagi siswa itulah yang
diharapkan oleh orang tua siswa. Tidak bisa kita pungkiri pada saat ini , semua
orang tua siswa menginginkan anaknya memiliki
skill yang bisa bermanfaat dimasa
yang akan datang.
Untuk menjawab harapan yang didambakan
dari orang tua siswa kepada kita sebagai guru mungkin sulit, tapi kenapa tidak
kita mencoba, yaitu dengan melakukan pembaharuan
dalam pembelajaran.
Paradigma baru dalam sistem
pembelajaran adalah siswa harus aktif, terlibat dalam proses pembaharuan
pengetahuan, menemukan hal-hal baru yang belum ditemukan oleh orang lain. Fokus
pembelajaran harus berubah dari mengajar menjadi belajar , dari penerimaan yang
fasif tentang fakta-fakta yang ada
menjadi aktif sehingga pembentukan karakter yang mampu penerapan ide-ide untuk memecahkan
masalah.
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk mengembangkan semua daya dan kemampuan imajinasinya,siswa diberi keleluasaan
mencurahkan rasa keingintahuannya tentang penomena-penomena yang mereka alami
dalam kehidupannya. Apabila siswa diberi
keleluasan, maka akan muncul ide-ide yang menumbuh kembangkan kreativitasnya.
Salah satu ide dari siswa ,yaitu siswa SMPN Satap 7 Cibeber yang pemanfaatan CD dan mendaur ulang CD bekas menjadi berbagai kreasi. Dari inspirasi
itulah penulis termotivasi untuk mendaur ulang CD bekas menjadi sebuah media
pembelajaran . Adapun yang pernah penulis buat
adalah Pemanfaatan CD Bekas (dibuat Untuk
menempelkan materi pelajaran) .
B. Kajian Teori
Pada era
globalisasi kemajuan pembangunan semakin meningkat,kebutuhan manusia semakin
bertambah dan keinginan dipermudah dalam kehidupanya menjadi tuntutan hidup.
Maka manusia menciptakan berbagai alat , mulai dari alat rumah tangga,
elektronik sampai pesawat terbang
,jika kita cermati kebanyakan
menggunakan bahan yang terbuat dari plastik.
Plastik merupakan materi yang terbentuk dari berbagai macam
polimer dengan komposisi kimia dan struktur fisik yang berbeda-beda.
Polimer-polimer ini adalah senyawa karbon yang berikatan dengan unsur hidrogen,
klorin, oksigen, nitrogen dan flourin. Polimer merupakan gabungan dari beberapa
monomer yang akan membentuk rantai yang sangat panjang ,sehingga memerlukan
waktu yang lama sehingga dapat diuraikan
oleh mikroorganisme
Selain
memerlukan waktu yang lama untuk
diuraikan ,ada plastik jenis tertentu memiliki potensi bahaya bagi
kesehatan manusia jika dikenai perlakuan tertentu. Perlakuan yang dimaksud
umumnya adalah perlakuan panas. Adapun menurut Michael Purba (2006:55) ada beberapa
bahaya plastik bagi kehidupan manusia adalah sebagai berikut:
1.
Jenis Polyethylene Terephthalate (PET, PETE)
dapat mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker)
2.
Jenis Vinyl (Polyvinyl Chloride or PVC)d apat berbahaya
terhadap kinerja ginjal, fungsi hati dan bisa menurunkan berat badan.
3.
Jenis Polystyrene (PS). Bahan Styrine
berbahaya untuk otak, mengganggu hormon estrogen dan progesteron pada wanita
yang berakibat pada masalah reproduksi mengganggu juga pada hormon testosteron
pada pria, pertumbuhan dan perkembangan pada manusia serta merusak sistem kinerja
syaraf.
Mungkin kata CD tidak asing lagi
ditelinga kita, CD merupakan singkatan dari compact disk adalah alat yang digunakan untuk
menyimpan memori baik data maupun music.Pada saat ini CD (compact disk )sudah banyak berada
diberbagai lapisan masyarakat dari kota sampai kedesa, apalagi mereka yang suka
mengoleksi music maupun film .Kalau dilihat dari bahannya , CD (compact disk ) terbuat dari plastik yang bersifat
Termoset. Termoset merupakan jenis
plastik yang tidak bisa didaur-ulang atau dibentuk lagi. Karena akan segera
mengeras setelah temperature pembentukkannya dan selanjutnya tidak akan menjadi
lunak walaupun dipanaskan kembali. Sehingga pemanasan ulang akan menyebabkan
kerusakan molekul-molekulnya.
Berdasarkan
beberapa fakta di atas,karena bahanya
plastik yang merupakan bahan utama pembuatan CD. Maka penulis mencoba mendaur
ulang CD bekas yang sudah tidak dimanfaatkan lagi , yaitu
dijadikan Media pembelajaran. Adapun media pembelajaran yang penulis buat
adalah memanfaaatkan Cd untuk menempelkan materi pelajaran.
C. Cara
Membuat
Secara lengkap penulis akan menguraikan
bagaimana alat dan bahannya serta bagaimana cara membuatnya.Adapun urainya
adalah sebagai berikut:
1.
Alat dan
Bahan
a. CD
(compact disk) bekas, jumlahnya berdasarkan materi yang kita akan
sampaikan
b. Solder
c. Gunting
d. Penggaris
e. Lem
Spatu atau lem kayu
f. Kertas
kado
g. Asesoris
tergantung yang kita inginkan
h. Tali
pengikat (tali rapia atau benang sol spatu)
2.
Cara Membuat
a. Siapkan
CD dengan jumlah yang kita miliki
atau disesuaikan dengan materi
b. Setiap
CD, disalah satu bagian sisinya dibuat persegi panjang dengan ukuran panjang 5
cm dan lebar 2 cm
c. Selanjutnya
dari kedua sudut yang bagian dalam diberi lobang dengan menggunakan solder
d. Kemudian
setiap CD bagian luarnya ditutup dengan
kertas kado yang kita inginkan dan gunting sesuai dengan lingkaran CD
e. Selanjutnya
tempelkan juga materi pelajaran yang sudah kita siapkan di bagian dalam CD dan
jangan lupa di gunting pula sesuai dengan lingkaran CD
f. Begitupula
CD yang lainnya sama dengan langkah-langkah pada poin b,c,d dan e
g. Setelah
selasai tahap-tahap di atas semua CD di
tumpuk seperti lembaran buku sesuai dengan urutan materi pelajaran, kemudian
diikat oleh tali bagian CD yang dilobagi
sehingga antar satu CD dengan CD yang lainnya tidah teruraik
D.
Kesimpulan
Tidak ada yang sulit untuk kita lakukan dalam
pemanfaatan berbagai hal yang ada dilingkungan kita, mulai dari yang sudah ada
dan dimanfaatkan oleh kita sampai yang
belum ada dan belum kita manfaatkan
untuk kepentingan kehidupan kita.
Pemanfaatan bahan yang sudah ada itulah yang bisa
dilakukan oleh penulis salah satunya pemanfaatan CD bekas yang sudah tidak
digunakan, di manfaatkan menjadi media pembelajaran yang diharapkan oleh
penulis bisa membantu dalam penyampaian materi pelajaran yang dianggap sulit.
Ada beberapa manfaat bagi kita ketika memanfaat CD bekas
1.Mengurangi pencemaran tanah, air dan udara
2 Mengurangi penumpukan bahan bekas dirumah kita
3. Bisa digunakan berbagai kreasi yang inovatif
4. Bisa duganakana media pembelajaran yang
menyenangkan
Pada akhirnya, apapun yang ada disekitar kita bisa
dimanfaatkan dan bermanfaat untuk melindungi bumi kita, tetap hijau dan ramah
dari berbagai pencemaran.
E. Daftar Pustaka
Aqib,
Zainal,2010,Profesionalisme Guru dalam
pembelajaran,Surabaya: Insan
Cendikia.
Fajri
Zul EM. 2001. Kamus Besar Bahasa
Indonesia.Jakarta:Difa Publisher
Nuryani,R,
2005,Strategi Melajar Mengajar Biologi,
Malang: Universitas Negeri Malang.
Purba,
Michael,2004, Kimia kelas IX,
Jakarta:Erlangga.
(Penulis Stap pengajar mata Pelajaran IPA di SMPN Satap 7
Cibeber)
Lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar