MATERI
PENCEMARAN LINGKUNGAN
(Tosim Awaludin/SMPN 2 Cilograng)
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui model Discovery Learning serta metode kerja kelompok ,peserta didik Melakukan pengamatan lingkungan dan mendiskripsikan pencemaran lingkungan dengan menggunakan literasi media, kerjasama, berfikir kritis dalam menyelesaikan masalah serta selalu mensyukuri anugrah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dengan tanggung jawab
B. Ringkasan Materi Pembelajaran
- Pencemaran lingkungan ada beberapa pencemaran lingkungan yaitu: pencemaran air, pencemaran udara dan pencemaran tanah
C. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Literasi
- Guru memperlihatkan Video dan foto-foto pencemaran lingkungan
- Peserta Didik mengamati video dan foto-foto pencemaran lingkungan (Teliti)
Collaboration (Kerjasama)
- Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mengajukan minimal 2 pertanyaan tentang foto-foto pencemaran lingkungan
- Guru bersama peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang diberikan oleh tiap kelompok
- Guru Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan untuk mengetahui tentang foto-foto pencemaran lingkungan (Kerjasama,tanggung jawab)
Callaboration ,Creativ dan Critical thinking
- Peserta didik menyiapkan alat dan bahan praktek rantai makanan dan jaring makanan sesuai dengan LKPD.
- Tanya jawab dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan
- Peserta didik dalam kelompok melakukan praktikum mengamati kegiatan bagaimana ikan yang disimpan di air deterjen dan diar bersih
- Guru membimbing peserta didik dalam melakukan praktikum.(konsisten)
Collaboration
- Peserta didik dalam kelompok berdiskusi ,mengolah dan menganalisis hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan –pertanyaan pada LKPD .(Tanggung Jawab) Creativ Thinking
- Setiap kelompok melakukan presentasi (Eksplain) hasil diskusi secara bergiliran dan kelompok lain menanggapi.
- Peserta didik mengerjakan tentang pencemaran lingkungan (Percaya diri)
D. Kesimpulan
Dalam pembelajaran ini diharapkan semua peserta didik mampu menguasai pencemaran baik pencemaran air, pencemaran udara dan tanah
E. Evaluasi
Contoh Soal
1.Didaerah tempat tinggal Aceng terdapat pabrik gula. Dalam proses pembuatan gula dihasilkan limbah cair berupa sisa air perasan tebu. Limbah cair yang dihasilkan langsung dibuang ke sungai sehingga menimbulkan pencemaran. Usaha yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah ...
A. melarang mendirikan pabrik gula
B. mengurangi produksi gula
C. mengolah limbah cair sebelum dibuang
D. melakuka impor gula
2. Sungai merupakan sumber bahan baku air minum dan kebutuhan manusia yang lain. Sebagai bahan baku maka air sungai harus bebas dari bahan polutan penyebab pencemaran. Air sungai yang tercemar dapat memunculkan berbagai masalah dalam kehidupan. Air sungai yang tercemar dapat dikenali dengan ciri-ciri ...
A. airnya jernih dan tidak berwarna
B. terdapat berbagai jenis fauna
C. ditumbuhi enceng gondok yang sangat subur
D. airnya berbau
3. Pak Agus, ketua RW, sering melihat warga membakar sampah di daerah pemukiman sehingga menyebabkan pencemaran udara. Saran yang paling tepat dari pak Agus untuk warganya terkait kasus tersebut adalah ...
A. membuang sampah ke selokan yang jauh dari pemukiman
B. mengolah sampah organik menjadi kompos
C. menimbun sampah dalam lubang yang telah disediakan
D. membakar sampah di lapangan terbuka
4.Perhatikan beberapa pernyataan berikut !
1) menjadikan semua kendaraan bermotor menjadi bertenaga lsitrik
2) mengadakan lebih banyak penghijauan hutan
3) memerintah rakyat berhenti merokok
4) menghentikan produksi pesawat terbang supersonik
Pernyataan yang menyebabkan udara bersih adalah ...
A. 1
B. 3
C 2
D. 4
5. Perhatikan beberapa penyakit berikut !
1) Asma 3) Katarak
2) TBC 4) Astigmatisme
Penyakit yang disebabkan oleh polutan pencemaran udara adalah ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar